1. O/S DIPANDANG SEBAGAI MANAGER
SUMBERDAYA
Fungsi Sistem Operasi Adalah : Mengefisiensikan Penggunaan Sistem Komputer, Memudahkan Penggunaan Sistem Komputer Dengan Penampilan Yang Optimal
Fungsi Sistem Operasi Adalah : Mengefisiensikan Penggunaan Sistem Komputer, Memudahkan Penggunaan Sistem Komputer Dengan Penampilan Yang Optimal
Tugasnya Meliputi
, Pengarahan Dan Pengendalian Semua Proses Yang Ada Di Dalam Komputer, Yaitu
Program-Program Yang Sedang Berjalan
(Run) Dengan Cara:
1. Mengawasi Status Semua Sumber Daya Yang
Dimiliki Pada Setiap Saat.
2. Menegakan Kebijaksanaan Penjadwalan Dan
Penjatahan Pemakaian Sumber Daya Sesuai Dengan Aturan-Aturan Tertentu.
3. Membagi Sumber Daya Yang Telah Dialokasikan
Bila Telah Tiba Pada Saatnya Sesuai Dengan Ketentuan.
4. Menerima Atau Menarik Kembali Sumber Daya
Bila Telah Selesai Dipakai Atau Tidak Dimanfaatkan Kembali
O/S Mengatur
Pemakaian Sumber Daya Tersebut Dengan Cara :
Pengaturan Memori
, Dengan Cara :
- Mengawasi bagian-bagian memori ,
lokasinya, statusnya, besarnya, bila terpakai siapa pemakainya:
- Menetapkan kebijaksanaan alokasi
- Siapa yang berhak mendapatkan bagian
memory beserta lokasinya
- Memperbaharui informasi tentang
status bagian memori
2. Pengaturan prosesor , dengan cara :
- Mengawasi status prosesor
- Menentukan proses yang mana dari
beberapa proses yang sedang menanti atau menggunakan prosesor
- Menyerahkan penggunaan prosesor
dengan cara mengisi
register-register yang perlu di isi.
- Menarik kembali pemakaian prosesor
bila sudah tidak dipergunakan
3. Pengaturan
peralatan I/O
- Mengawasi status peralatan I/O
beserta kelengkapannya (channel)
- Mengatur cara dan jadwal pemakaian
peralatan I/O
- Menyerahkan pemakaian peralatan I/O
- Menerima kembali peralatan I/O bila
sudah tidak dipergunakan
4. Pengaturan
informasi (system file )
- Mengawasi berbagai informasi, yaitu
mengenal statusnya, lokasi, penggunaanya dan sekuritinya
- Menetapkan proses-proses yang boleh
mendapatkan informasi tertentu
- Melepaskan atau memberikan informasi
, umpamanya dengan cara membuka suatu file tertentu
- Menarik kembali dan menyimpan
informasi
2. O/S DITILIK
DARI SUDUT TAHAPAN PROSES
Operating system terdiri dari
himpunan program atau modul O/S untuk
mengatur penggunaan sumber daya.
Terdapat 6 tahap :
1. Submit state , tahap di mana pemakai system
menyerahkan jobnya dengan cara :
- Mempertimbangkan criteria-kriteria
pemilihan (prioritas, macam dan besarnya job dll.
- Job Scheduler, yang merupakan bagian
pengatur prosesor, memanggil pengatur memori untuk melihat apakah cukup
tersedia memory yang masih kosong
- Kemudian dipanggil pengatur peralatan
I/O untuk melihat apakah permintaan terhadap peralatan yang diminta dapat
dipenuhi
2. Hold state, tahap dimana job telah selesai
dibentuk menjadi bentuk yang telah siap untuk diolah oleh mesin komputer
(kode-kode binary) tetapi belum ada
sumber daya yang diberikan kepada job kecuali tempat dimana job tersebut
berada.
3. Ready state , tahap di mana proses telah
siap untuk run karena semua sumber daya yang diperlukan telah dipenuhi, akan
tetapi karena masih ada proses lain yang belum selesai menggunakan prosesor
maka harus antri sampai tiba pada gilirannya.
4. Running State, tahap di mana prosesor telah
diberikan dan sekarang prosesor mulai dengan pengerjaan instruksi-instruksi yang terbentuk dari
program tersebut.
5. Waiting state,
tahap dimana proses menunggu selesainya
operasi I/O
6. Completed
state, tahap di mana proses telah selesai dengan perhitungan-perhitungannya dan
semua resource yang telah dipergunakan telah ditarik kembali oleh O/S.
3. SISTEM KOMPUTER DALAM BERAGAM SUDUT PANDANG
Pandangan ke sistem komputer
dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu
1. Pemakai terdiri dari pemakai awam (end
user) dan administrator sistem.
- Pemakai awam menggunakan aplikasi
tertentu, tidak berkepentingan dengan arsitektur komputer. Pemakai awam
sebatas menggunakan command language dalam lapisan shell, berupa
perintah text-based shell dan GUI (Graphical User Interface) base shell.
2. Pemogram
Pemogram dapat mengendalikan sistem komputer
melalui beragam level, yaitu
:
- mempergunakan untuk membantu
penciptaan program
- mempergunakan fasilitas sistem
melalui antarmuka layanan (service interface)
- Mempergunakan panggilan sistem
(System call)
3. Perancang Sistem Operasi
- Perancang sistem operasi bertugas
mendandani perangkat keras agar
tampil indah, mudah dan nyaman bagi pemogram dan user. Sehingga sistem
operasi yang dirancang berfungsi secara benar dan efesien.
4. STRUKTUR
DASAR SISTEM OPERASI
1. Sistem
Monolitik
2. Sistem
Berlapis
3. Sistem dengan
Mesin Maya
4. Sistem dengan
Client-Server
5. Sistem
berorientasi Objek