Saturday 1 August 2015

Manajemen Sumber Daya Manusia

SI-104 DIMENSI MASYARAKAT INFORMASI MENURUT BELL



1.     Sektor ekonomi : berubah ke bentuk pelayanan jasa
2.     Distribusi pekerjaan : munculnya kelas profesional dan kelas teknis
3.     Prinsip sumbu : ilmu pengetahuan merupakan sumber utama
4.     Orientasi masa depan : Pengendalian dan penghargaan terhadap teknologi
5.     Pengambilan keputusan : Berbasis teknologi

Ciri Masyarakat Informasi
1.     Ilmu pengetahuan menjadi sumber utama dalam dunia usaha
2.     Ilmu pengetahuan menjadi aset bagi siapa saja
3.     Ilmu pengetahuan mendongkrak lajunya kemajuan usaha
4.     Mengumpulkan, mengolah, dan memanfaatkan informasi untuk pengambilan keputusan

Komputer dan Masyarakat Informasi
-         Komputer sebagai mesin pengolah informasi, membuka kemungkinan baru dalam hidup manusia
-         Zaman informasi adalah gambaran yang lengkap tentang jaringan komunikasi yang menghubungkan perumahan, dunia usaha, dan pemerintahan
-         Digantikannya surat biasa dengan surat elektronik dan pertemuan tatap muka dengan konferensi jarak jauh

Surat Elektronik
         Electronic Computer Originated Mail (E-COM) – 1981 : mengkombinasikan antara cara komunikasi elektronik dengan pengantaran surat tradisional
         MCI Communication Corporation : menyediakan jaringan komunikasi untuk mengirim dan menerima pesan bagi pelanggan
         Purolator Courier : pelayanan overnight service

Jenis-jenis Pelayanan Jasa Mail Box
A.    Surat Elektronik Melalui Kotak Surat Terpusat : Pengirim mengirimkan surat elektronik ke mail box, pada saat lain penerima memeriksa mail box tersebut
B.     Surat Elektronik langsung : Pengirim pada terminalnya mengirimkan pesan melalui media perantara yang dapat dibaca oleh penerima di terminal tujuan
C.     Surat Elektronik melalui Kotak Surat Lokal : Pengirim menggunakan terminalnya untuk mengirim surat pada malam hari, karena tarif lebih rendah, kemudian penerima akan memeriksa esok hari

Konferensi Jarak Jauh
         Merupakan evolusi dari sistem surat elektronik dengan dengan multi user interaction
         Kekurangannnya adalah kemempuan mengetik yang lebih lambat dari kecepatan berbicara
         Video Conferencing merupakan bentuk kenferensi jarak jauh dengan menampilkan gambar atau citra pembicara
         Perusahaan seperti JC Penney dan Boing menganggap bahwa konferensi dengan video mampu mengurangi biaya perjalanan, meningkatkan kemampuan koordinasi, dan meningkatkan persaingan di pasaran

VIDEOTEX
Jenis-jenis kegiatan transaksi ekonomi :
-         Pengambilan kembali informasi
-         Transaksi
-         Penyampaian pesan
-         Monitor jarak jauh
-         Komputasi
-         Bekerja di rumah
-         Pendidikan di rumah

Tiga jenis pelayanan informasi utama
         Pengambilan kembali informasi dari basis data
         Teletext
         Video Text

Batasan pengembangan bentuk komersial videotex oleh British Post Office
         Megutamakan kehandalan sistem
         Kemudahan penggunaannya
         Akses yang cepat dan multi user
         Biaya yang rendah
         Informasi disimpan dalam bentuk duplikasi di banyak komputer dalam jaringan

Jenis-jenis layanan yang diberikan oleh Viewtron
         Berita cuaca dan olah raga
         Peyunjuk resmi jadwal penerbangan
         Ensiklopedia American
         Surat elektronik
         Belanja dari rumah
         Perbankan elektronik

Komponen utama dari jasa pelayanan videotext
         Pelanggan
         Pemasok informasi dan pelayanan, ex : Associated Prees, Dow Jones, Reuters, dll.
         Pemaket informasi, ex : Times Mirror, Knight Rider, AT&T, dll.
         Pembawa Videotex, ex : NBC, CBS, dll
         Pembuat peralatan, ex : Apple, TI, Tandy, dll.
           
Kemungkinan perkembangan masyarakat menurut John Tydemen
         Struktur masyarakat
         Proses pengambilan keputusan
         Pilihan yang baru
         Ketidaksamaan
         Struktur ekonomi
         Pelayanan keuangan

Pandangan ke depan untuk dunia yang kurang maju tingkat peradabannya
         Pengikisan terhadap kepentingan nasional
         Terhentinya arus informasi
         Meningkatnya pengangguran
         Masalah kawasan industri
         Reorganisasi ekonomi
         Ancaman terhadap kebudayaan nasional

Etika dan Profesionalisme
Alasan : masyarakat harus dilindungi dari kerugian yang ditimbulkan karena ketidakmampuan teknis dan perilaku yang tidak etis, dari mereka yang menganggap dirinya sebagai tenaga profesional dalam bidang tersebut

Beberapa masyarakat yang memerlukan perlindungan :
1.     Masyarakat umum
2.     Pembeli produk dan jasa komputer
3.     Majikan tenaga ahli komputer
4.     Tenaga ahli komputer

Profesi ?
Merupakan kelompok lapangan kerja yang khusus melaksanakan kegiatan yang memerlukan keterampilan dan keahlian tinggi, untuk memenuhi kebutuhan yang rumit dari manusia, dimana pemakaian dengan cara yang benar keterampilan dan keahlian yang tinggi hanya dapat dicapai dengan penguasaan pengetahuan, serta adanya disiplin etika yang dikembangkan dan diterapkan oleh kelompok anggota yang menyandang profesi tersebut.

Profesionalisme ?
Merupakan pelaksanaan tugas dan kewajiban untuk memenuhi kebutuhan yang rumit dari klien, yang mencakup pengambilan keputusan dengan kemungkinan akibat yang luas bagi masyarakat

Usaha-usaha untuk meningkatkan kemampuan profesional di bidang teknologi komputer dan informasi
1.     Sertifikasi
2.     Akreditasi
3.     Forum Komunikasi
Etika profesi : penggunaan bakuan dari evaluasi moral terhadap masalah penting dalam kehidupan profesional.

Issue pokok yang menjadi sumber dilemma etika hubungan klien-profesional
1.     Prinsip dasar
2.     Egoisme
3.     Kerahasiaan
            a. Pragmatisme
            b. Hak Azazi
4.        Otonomi Klien

Dua kelompok kode etik  dan perilaku
1.     Organisasi atau lembaga di mana ia bekerja
2.     Asosiasi Profesi

Tujuan penyusunan kode etik da perilaku professional
1.     Memberi pedoman bagi anggota asosiasi dalam aspek-aspek etika dan moral, terutama yang berada di luar jangkauan hukum, undang-undang dan peraturan-peraturan yang berlaku
2.     Memberi perlindungan bagi kelompok masyarakat terhadap berbagai macam perilaku yang merugikan, sebagai akibat adanya kegiatan di bidang profesi yang bersangkutan

Beberapa usaha untuk meningkatkan kode etik
1.     Menyebarkan dokumen kode etik kepada orang yang menyandang profesi yang bersangkutan
2.     Melakukan promosi etika profesional
3.     Memberikan sanksi disipliner yang melanggar kode etik