1. Sektor ekonomi : berubah ke bentuk pelayanan jasa
2. Distribusi pekerjaan : munculnya kelas profesional dan
kelas teknis
3. Prinsip sumbu : ilmu pengetahuan merupakan sumber
utama
4. Orientasi masa depan : Pengendalian dan penghargaan
terhadap teknologi
5. Pengambilan keputusan : Berbasis teknologi
Ciri Masyarakat Informasi
1. Ilmu pengetahuan menjadi sumber utama dalam dunia
usaha
2. Ilmu pengetahuan menjadi aset bagi siapa saja
3. Ilmu pengetahuan mendongkrak lajunya kemajuan usaha
4. Mengumpulkan, mengolah, dan memanfaatkan informasi
untuk pengambilan keputusan
Komputer dan Masyarakat
Informasi
-
Komputer
sebagai mesin pengolah informasi, membuka kemungkinan baru dalam hidup manusia
-
Zaman
informasi adalah gambaran yang lengkap tentang jaringan komunikasi yang
menghubungkan perumahan, dunia usaha, dan pemerintahan
-
Digantikannya
surat biasa dengan surat elektronik dan pertemuan tatap muka dengan konferensi
jarak jauh
Surat Elektronik
•
Electronic
Computer Originated Mail (E-COM) – 1981 : mengkombinasikan antara cara
komunikasi elektronik dengan pengantaran surat tradisional
•
MCI
Communication Corporation : menyediakan jaringan komunikasi untuk mengirim dan
menerima pesan bagi pelanggan
•
Purolator
Courier : pelayanan overnight service
Jenis-jenis Pelayanan Jasa
Mail Box
A. Surat Elektronik Melalui Kotak Surat Terpusat : Pengirim mengirimkan surat elektronik ke
mail box, pada saat lain penerima memeriksa mail box tersebut
B. Surat Elektronik langsung : Pengirim pada terminalnya mengirimkan pesan melalui media perantara
yang dapat dibaca oleh penerima di terminal tujuan
C. Surat Elektronik melalui Kotak Surat Lokal : Pengirim menggunakan terminalnya untuk mengirim
surat pada malam hari, karena tarif lebih rendah, kemudian penerima akan
memeriksa esok hari
Konferensi Jarak Jauh
•
Merupakan
evolusi dari sistem surat elektronik dengan dengan multi user interaction
•
Kekurangannnya
adalah kemempuan mengetik yang lebih lambat dari kecepatan berbicara
•
Video
Conferencing merupakan bentuk kenferensi jarak jauh dengan menampilkan gambar
atau citra pembicara
•
Perusahaan
seperti JC Penney dan Boing menganggap bahwa konferensi dengan video mampu
mengurangi biaya perjalanan, meningkatkan kemampuan koordinasi, dan
meningkatkan persaingan di pasaran
VIDEOTEX
Jenis-jenis kegiatan transaksi
ekonomi :
-
Pengambilan
kembali informasi
-
Transaksi
-
Penyampaian
pesan
-
Monitor
jarak jauh
-
Komputasi
-
Bekerja di
rumah
-
Pendidikan
di rumah
Tiga jenis pelayanan informasi utama
•
Pengambilan
kembali informasi dari basis data
•
Teletext
•
Video Text
Batasan pengembangan bentuk komersial videotex oleh British Post Office
•
Megutamakan
kehandalan sistem
•
Kemudahan
penggunaannya
•
Akses yang
cepat dan multi user
•
Biaya yang
rendah
•
Informasi
disimpan dalam bentuk duplikasi di banyak komputer dalam jaringan
Jenis-jenis layanan yang diberikan oleh Viewtron
•
Berita
cuaca dan olah raga
•
Peyunjuk
resmi jadwal penerbangan
•
Ensiklopedia
American
•
Surat
elektronik
•
Belanja
dari rumah
•
Perbankan
elektronik
Komponen utama dari jasa pelayanan videotext
•
Pelanggan
•
Pemasok
informasi dan pelayanan, ex : Associated Prees, Dow Jones, Reuters, dll.
•
Pemaket
informasi, ex : Times Mirror, Knight Rider, AT&T, dll.
•
Pembawa
Videotex, ex : NBC, CBS, dll
•
Pembuat
peralatan, ex : Apple, TI, Tandy, dll.
Kemungkinan perkembangan masyarakat menurut John Tydemen
•
Struktur
masyarakat
•
Proses
pengambilan keputusan
•
Pilihan
yang baru
•
Ketidaksamaan
•
Struktur
ekonomi
•
Pelayanan
keuangan
Pandangan ke depan untuk dunia yang kurang maju tingkat peradabannya
•
Pengikisan
terhadap kepentingan nasional
•
Terhentinya
arus informasi
•
Meningkatnya
pengangguran
•
Masalah
kawasan industri
•
Reorganisasi
ekonomi
•
Ancaman
terhadap kebudayaan nasional
Etika dan Profesionalisme
Alasan : masyarakat harus
dilindungi dari kerugian yang ditimbulkan karena ketidakmampuan teknis dan
perilaku yang tidak etis, dari mereka yang menganggap dirinya sebagai tenaga
profesional dalam bidang tersebut
Beberapa masyarakat yang memerlukan perlindungan :
1. Masyarakat umum
2. Pembeli produk dan jasa komputer
3. Majikan tenaga ahli komputer
4. Tenaga ahli komputer
Profesi ?
Merupakan kelompok lapangan kerja yang khusus melaksanakan kegiatan yang
memerlukan keterampilan dan keahlian tinggi, untuk memenuhi kebutuhan yang
rumit dari manusia, dimana pemakaian dengan cara yang benar keterampilan dan
keahlian yang tinggi hanya dapat dicapai dengan penguasaan pengetahuan, serta
adanya disiplin etika yang dikembangkan dan diterapkan oleh kelompok anggota
yang menyandang profesi tersebut.
Profesionalisme ?
Merupakan pelaksanaan tugas dan kewajiban untuk memenuhi kebutuhan yang
rumit dari klien, yang mencakup pengambilan keputusan dengan kemungkinan akibat
yang luas bagi masyarakat
Usaha-usaha untuk meningkatkan kemampuan profesional di bidang teknologi
komputer dan informasi
1. Sertifikasi
2. Akreditasi
3. Forum Komunikasi
Etika profesi : penggunaan bakuan dari evaluasi moral terhadap
masalah penting dalam kehidupan profesional.
Issue pokok yang menjadi sumber dilemma etika hubungan klien-profesional
1. Prinsip dasar
2. Egoisme
3. Kerahasiaan
a. Pragmatisme
b. Hak Azazi
4. Otonomi Klien
Dua kelompok kode etik dan
perilaku
1. Organisasi atau lembaga di mana ia bekerja
2. Asosiasi Profesi
Tujuan penyusunan kode etik da perilaku professional
1. Memberi pedoman bagi anggota asosiasi dalam
aspek-aspek etika dan moral, terutama yang berada di luar jangkauan hukum,
undang-undang dan peraturan-peraturan yang berlaku
2. Memberi perlindungan bagi kelompok masyarakat terhadap
berbagai macam perilaku yang merugikan, sebagai akibat adanya kegiatan di
bidang profesi yang bersangkutan
Beberapa usaha untuk meningkatkan kode etik
1. Menyebarkan dokumen kode etik kepada orang yang
menyandang profesi yang bersangkutan
2. Melakukan promosi etika profesional
3. Memberikan sanksi disipliner yang melanggar kode etik
No comments:
Post a Comment