Sunday, 2 August 2015
PENGEMBANGAN e- BISNIS
Arah perkembangan Masa Depan Pemakaian Internet :
• Internet
Usage — >> Meningkatnya pengguna internet setiap harinya sehingga
bermunculan pelaku bisnis
• Opportunities
for Buying–>> meningkatnya dengan cepat peluang kita untuk membeli ,,
• Purchasing
Incentives–>> internet dapat meningkatkan keuntungan pembeli secara
insentif sehingga pembeli lebih hemat
• Increased
Security and Trust–>> Keamanan dan kepercayaan telah meningkat secara
signifikan
• efficient
Information Handing–>> Informasi menjadi lebih efisien dan dapat diakses
dimana saja
• Innovative
Organizations–>>Organisasi dpt di strukturisasi dan dpt direkayasa ulang
,ini sebagian dari sebuah orgnisasi yg inovatif
• Virtual
Communities–>> Secara tidak langsung pengguna internet telah masuk ke
dalam sebuah komunitas tertentu
• Payment
Systems–>>Sistem pembayaran yg lebih simple dan mudah seperti transfer
melalui rekening/ATM
• Business-to-Business–>>Aspek
Bisnis yang Berkembang dan tumbuh dengan pesat
Dimensi E Business
• Dimensi
What menjelaskan tentang aktifitas apa saja yang ada dalam e-business
• Dimensi
Who menjelaskan siapa saja yang terlibat dalam aktifis e-bussiness
• Dimensi
Where menjelaskan dimana saja aktifitas bisnis dapat dilakukan
• Dimensi
Why menjelaskan mengapa para praktisi bisnis diseluruh dunia sepakat
mengimplementasikan e-business
DIMESI e - BISNIS
• Sebuah
aktifitas yang didalamnya terdapat
orang,barang,organisasi/prusahaan,prosedur,alat tekhnologi yang melakukan
sebuah kesepakatan atau komitmen didalamnya yang terhubung dengan Tekhnologi
Informasi yang dapat dilakukan dimana saja tanpa batasan ruang dan waktu
sehingga pada akhirnya mempunyai nilai manfaat dan nilai lebih dari aktivitas
tersebut
VALUE – e BISNIS
• efisiensi
( Cost ) Sebuah riset memperlihaatkan bahwa kurang lebih 40% dari total biaya
operasional perusahaan diperuntukkan bagi aktivitas penyeberan informasi ke divisi-divisi
terkait.Dengan dimanfaatkannya teknologi informasi maka terlihat bagaimana
perusahaan dapat mengurahi total biaya operasional.Contohnya : bagaimana
fasilitas email dapat mengurangi biaya komunikasi pengiriman dokumen
• efektivitas
( Operationts ) Dengan dimanfaatkannya teknologi informasi, pelanggan dapat
berhubungan dengan perusahaan kapan saja. 7 hari seminggu 24 jam non stop
• reach
( Boundaries ) Perusahaan mampu memperluas jangkaun dan ruang gerak perusahaan
untuk ekspansi dengan mudah(menembus batas ruang dan waktu) dan tanpa
memerlukan biaya yang relatif mahal
• structure
(Industry ) Konsep brick-and-morter menjelma menjadi click-and-morter telah
mengubah prilaku perusahaan dalam pendekatan bisnis
• dan
opprtunity (Markets) Terbukannya peluang yang lebar bagi pelaku bisnis untuk
berinovasi menciptakan produk-produk atau jasa-jasa baru akibat ditemukannya
teknologi baru dari masa kemasa
ASPEK PENGEMBANGAN
Aspek dalam pembangunan e-business atau fenomena munculnya e
bisnis :
• Semangat
revolusi
• Perpindahan
paradigma old economy-new economy
• Brick
and mortal – pure click
• internetworking
TAHAPAN PENGEMBANGAN e BISNIS
• e
– vision :
Pandangan ke depan tentang visi sustu bisnis.
Pandangan ke depan tentang visi sustu bisnis.
• e
– volution :
Tahapan penentuan pijakan awal
Tahapan penentuan pijakan awal
• e
– strategy :
Menyusun Strategi untuk ke depan
Menyusun Strategi untuk ke depan
• e
– synchronization :
Penyesuaian tekhnologi lama dengan Tekhnologi baru
Penyesuaian tekhnologi lama dengan Tekhnologi baru
• e
– infrastrcture :
memahami proses bisnis/prosedur
memahami proses bisnis/prosedur
• e
– capitalization :
Menentukan kebutuhan kapital pembangunan e bisinis dan tingkat pengembaliannya
Menentukan kebutuhan kapital pembangunan e bisinis dan tingkat pengembaliannya
• e
– organization :
Menset Ulang Kebutuhan Sumber daya yang ada
Menset Ulang Kebutuhan Sumber daya yang ada
Evolusi e-bisnis
Faktor Pemicu Kebutuhan e Bisnis
• Customer
Expectations :
Yang diharapkan konsumen pada saat ini tidak cukup dipuaskan dengan baikknya
kualitas sebuah produk, tetapi pelanggan juga mengharapkan adanya pelayanan pra
dan pasca jual yang baik. Spektrum pelayanan yang dimaksud antar lain:
- Pemesanan dapat dilaksanakan anytime, anywhare
- Pembayaran pembelian produk dengan metode yang beragam misalnya kartu kredit,
kartu debit
maupun layanan transfer
- Adanya fasilatas asuransi produk
- Pengiriman produk yang cepat dan harga kompetitif
• Competitive
Imperatives :
Globalisasi telah membentuk sebuah arena persaingan dunia usaha yang sangat
ketat. Pelanggan akan dengan mudah membandingkan kualitas produk dan pelayanan
antar perusahaan, hal ini memaksa perusahaaan mengembangkan strategi bisnis
yang tepat
• Deregulation :
Secara makro deregulasi yang dilakukan oleh pemerintah maupun negara-negara
lain telah (lembaga lain seperti WTO,APEC,AFTA dll) turut mewarnai bentuk dunia
usaha dimasa datang terutama dengan konsep perdagangan bebas antar negara dan
industri. Internet disini dinggap sebagai sebuah arena dimana konsep kompetisi
sempurna dan pasar terbuka telah terjadi terutama produk –produk dan jasa-jasa
yang dapat digitalisasi.
• Technology
:
E-business adalah kemajuan teknologi informasi yang didominasi oleh percepatan
teknologi komputer dan telekomunikasi.Fungsi dari teknologi informasi tidak
hanya kritikal bagi perkembangan e-business tetapi justru menjadi penggerak
dari dimungkinkannya model-model bisnis baru.
Model & karakter e Bisnis
• Model-model
E Bisnis
• B2C
(Business to Consumers): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara
individu dan organisasi.
• B2B
(Business to Business): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara
organisasi dengan organisasi (antar organisasi)
• Jenis
E-Business Karakteristik B2C (Business to
Consumers)
- Antara organisasi dengan perorangan
- Nilai uang
yang dilibatkan lebih kecil
- Transaksi
tidak sering terjadi
- Secara relatif sederhana
• B2B (Business
to Business)
- Antar organisasi
- Nilai uang
yang dilibatkan lebih besar
- Hubungan yang kuat dan berkelanjutan
- Pemberian
kredit oleh penjual ke pelanggan
- Lebih
kompleks
Brick & Mortar VS Digital
Brick – and – Mortar
• menjual
lewat toko
• Menjual
barang yang terlihat
• katalog
kertas
• tempat jual beli secara fisik
• pelelangan
secara fisik dan terbatas
• tagihan lewat kertas
• komisi
marketing berbasis fisik
• biaya
yang besar untuk operasional pabrik
Perusahaan Digital
• menjual
secara online
• menjual
barang digital
• katalog
pintar elektronik
• tempat
penjualan secara virtual
• pelelangan
online, dimana saja, kapan saja
• pull
production, dimulai dengan order
• Pemasaran
virtual
• biaya
yang kecil untuk operasional pabrik
Tantangan E Bisnis
• Harga
Produk
• Masih
sedikit SDM
• Sarana
Pra Sarana
• High
trust society
• Tindak
kejahatan kartu kredit
• Cara
pandang terhadap e business
model arsitektur e-business
• Model
Sequential
Model arsitektur yang mengembangkan aplikasi berdasarkan fungsi-fungsi yang ada
dalam perusahaan. Untuk mengintegrasikan fungsi fungsi tersebut diperlukan
interface agar output dari aplikasi dapat dibaca oleh aplikasi lain.
• Model
Synchronous
Aplikasi besar yang akan mensikronisasi mekanisme IPO masing-masing unit dengan
cara memusatkan data dan proses pada sebuat titik. Contoh: Aplikasi
ERP(Enterprise Resource Planning)
Prospek e Bisnis
• E-business
Type,Perkembangan pemakaian alat-alat elektronik dan digital sebagai medium
komunikasi dan relasi bisnis jauh lebih cepat dibanding dengan cara transaksi
jual beli.
• Community,Lebih
mudah menciptakan kebutuhan (demand creation) kepada generasi muda dibanding
dengan mengubah pola hidup generasi tua
• Content,Adanya
internet yang paling banyak memperoleh keuntungan adalah perusahaan bukan end
user.
• Technology
Device,Teknologi berbasis PC akan bergeser ke teknologi digital ditambah
microprosessor seperti PDA
• Access
Channels ,Berkembangnya teknologi informasi semacan internet dan website
menawarkanperusahaan yang berminat mengimplementasikan kanal akses tersebut
• Regulation
,E-business berkaitan erat dengan aktifitas pencarian laba finansial maka
pemerintah akan mengikuti negara-negara maju dalam menerapkan regulasi
e-business yang kondusif.
• Organization
,Faktor budaya, pendidikan, sosial dan perilaku dalam organisasi memegang
peranan penting dalam menentukan sukses tidaknya sosialisasi penggunaan
teknologi informasi
• Change
Strategy,Perusahaan di negara berkembang lebih memilih metode evolusi dibanding
revolusi dalam mengimplementasikan e-busines
• Business
Process,Perusahaan yang sukses diraih oleh perusahaan yang mampu mengawinkan
konsep tradisional physical value chain dengan virtual value chain.
• System
Approach,e-business baru dapat berkembang jika komponen lain dalam lingkungan
sistem e-business turut tumbuh dan berkembang secara serentak
Subscribe to:
Posts (Atom)