Sunday 2 August 2015

LINGKUNGAN BASIS DATA

PENGEMBANGAN e- BISNIS


Arah perkembangan Masa Depan Pemakaian Internet :
       Internet Usage — >>  Meningkatnya pengguna internet setiap harinya sehingga bermunculan pelaku bisnis
       Opportunities for Buying–>> meningkatnya dengan cepat peluang kita untuk membeli ,,
       Purchasing Incentives–>> internet dapat meningkatkan keuntungan pembeli secara insentif sehingga pembeli lebih hemat
       Increased Security and Trust–>> Keamanan dan kepercayaan telah meningkat secara signifikan
       efficient Information Handing–>> Informasi menjadi lebih efisien dan dapat diakses dimana saja
       Innovative Organizations–>>Organisasi dpt di strukturisasi dan dpt direkayasa ulang ,ini sebagian dari sebuah orgnisasi yg inovatif
       Virtual Communities–>> Secara tidak langsung pengguna internet telah masuk ke dalam sebuah komunitas tertentu
       Payment Systems–>>Sistem pembayaran yg lebih simple dan mudah seperti transfer melalui rekening/ATM
       Business-to-Business–>>Aspek Bisnis yang Berkembang dan tumbuh dengan pesat

Dimensi E Business
       Dimensi What menjelaskan tentang aktifitas apa saja yang ada dalam e-business
       Dimensi Who menjelaskan siapa saja yang terlibat dalam aktifis e-bussiness
       Dimensi Where menjelaskan dimana saja aktifitas bisnis dapat dilakukan
       Dimensi Why menjelaskan mengapa para praktisi bisnis diseluruh dunia sepakat mengimplementasikan e-business

DIMESI e - BISNIS


 


       Sebuah aktifitas yang didalamnya terdapat orang,barang,organisasi/prusahaan,prosedur,alat tekhnologi yang melakukan sebuah kesepakatan atau komitmen didalamnya yang terhubung dengan Tekhnologi Informasi yang dapat dilakukan dimana saja tanpa batasan ruang dan waktu sehingga pada akhirnya mempunyai nilai manfaat dan nilai lebih dari aktivitas tersebut


VALUE – e BISNIS
   efisiensi ( Cost ) Sebuah riset memperlihaatkan bahwa kurang lebih 40% dari total biaya operasional perusahaan diperuntukkan bagi aktivitas penyeberan informasi ke divisi-divisi terkait.Dengan dimanfaatkannya teknologi informasi maka terlihat bagaimana perusahaan dapat mengurahi total biaya operasional.Contohnya : bagaimana fasilitas email dapat mengurangi biaya komunikasi pengiriman dokumen
   efektivitas ( Operationts ) Dengan dimanfaatkannya teknologi informasi, pelanggan dapat berhubungan dengan perusahaan kapan saja. 7 hari seminggu 24 jam non stop
   reach ( Boundaries ) Perusahaan mampu memperluas jangkaun dan ruang gerak perusahaan untuk ekspansi dengan mudah(menembus batas ruang dan waktu) dan tanpa memerlukan biaya yang relatif mahal
  structure (Industry ) Konsep brick-and-morter menjelma menjadi click-and-morter telah mengubah prilaku perusahaan dalam pendekatan bisnis
       dan opprtunity (Markets) Terbukannya peluang yang lebar bagi pelaku bisnis untuk berinovasi menciptakan produk-produk atau jasa-jasa baru akibat ditemukannya teknologi baru dari masa kemasa



ASPEK PENGEMBANGAN
Aspek dalam pembangunan e-business atau fenomena munculnya e bisnis :
       Semangat revolusi
       Perpindahan paradigma old economy-new economy
       Brick and mortal – pure click
       internetworking

TAHAPAN PENGEMBANGAN e BISNIS

       

       e – vision  :
Pandangan ke depan tentang visi sustu bisnis.
       e – volution  :
Tahapan penentuan pijakan awal
       e – strategy  :
Menyusun Strategi untuk ke depan
       e – synchronization :
Penyesuaian tekhnologi lama dengan Tekhnologi baru
       e – infrastrcture  :
memahami proses bisnis/prosedur
       e – capitalization :
Menentukan kebutuhan kapital pembangunan e bisinis dan tingkat pengembaliannya
       e – organization :
Menset Ulang Kebutuhan Sumber daya yang ada


Evolusi e-bisnis






Faktor Pemicu Kebutuhan e Bisnis
       Customer Expectations  :
Yang diharapkan konsumen pada saat ini tidak cukup dipuaskan dengan baikknya kualitas sebuah produk, tetapi pelanggan juga mengharapkan adanya pelayanan pra dan pasca jual yang baik. Spektrum pelayanan yang dimaksud antar lain:
- Pemesanan dapat dilaksanakan anytime, anywhare
- Pembayaran pembelian produk dengan metode yang beragam misalnya kartu kredit, kartu debit 
   maupun layanan transfer
-  Adanya fasilatas asuransi produk
- Pengiriman produk yang cepat dan harga kompetitif

       Competitive Imperatives  :
Globalisasi telah membentuk sebuah arena persaingan dunia usaha yang sangat ketat. Pelanggan akan dengan mudah membandingkan kualitas produk dan pelayanan antar perusahaan, hal ini memaksa perusahaaan mengembangkan strategi bisnis yang tepat

       Deregulation  :
Secara makro deregulasi yang dilakukan oleh pemerintah maupun negara-negara lain telah (lembaga lain seperti WTO,APEC,AFTA dll) turut mewarnai bentuk dunia usaha dimasa datang terutama dengan konsep perdagangan bebas antar negara dan industri. Internet disini dinggap sebagai sebuah arena dimana konsep kompetisi sempurna dan pasar terbuka telah terjadi terutama produk –produk dan jasa-jasa yang dapat digitalisasi.

       Technology :
E-business adalah kemajuan teknologi informasi yang didominasi oleh percepatan teknologi komputer dan telekomunikasi.Fungsi dari teknologi informasi tidak hanya kritikal bagi perkembangan e-business tetapi justru menjadi penggerak dari dimungkinkannya model-model bisnis baru.


Model & karakter e Bisnis
       Model-model E Bisnis
       B2C (Business to Consumers): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara individu dan organisasi.
       B2B (Business to Business): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan organisasi (antar organisasi)
       Jenis E-Business Karakteristik B2C   (Business to Consumers) 
- Antara organisasi dengan perorangan

      - Nilai uang yang dilibatkan lebih kecil
      - Transaksi tidak sering terjadi
- Secara relatif sederhana

       B2B  (Business to Business) 
-  Antar organisasi

       - Nilai uang yang dilibatkan lebih besar
       -  Hubungan yang kuat dan berkelanjutan
       - Pemberian kredit oleh penjual ke pelanggan
       - Lebih kompleks

Brick & Mortar VS Digital
Brick – and – Mortar
       menjual lewat toko
       Menjual barang yang terlihat
       katalog kertas
        tempat jual beli secara fisik
       pelelangan secara fisik dan terbatas
        tagihan lewat kertas
       komisi marketing berbasis fisik
       biaya yang besar untuk operasional pabrik
Perusahaan Digital
       menjual secara online
       menjual barang digital
       katalog pintar elektronik
       tempat penjualan secara virtual
       pelelangan online, dimana saja, kapan saja
       pull production, dimulai dengan order
       Pemasaran virtual
       biaya yang kecil untuk operasional pabrik

Tantangan E Bisnis
       Harga Produk
       Masih sedikit SDM
       Sarana Pra Sarana
       High trust society
       Tindak kejahatan kartu kredit
       Cara pandang terhadap e business

model arsitektur e-business
       Model Sequential
Model arsitektur yang mengembangkan aplikasi berdasarkan fungsi-fungsi yang ada dalam perusahaan. Untuk mengintegrasikan fungsi fungsi tersebut diperlukan interface agar output dari aplikasi dapat dibaca oleh aplikasi lain.

       Model Synchronous
Aplikasi besar yang akan mensikronisasi mekanisme IPO masing-masing unit dengan cara memusatkan data dan proses pada sebuat titik. Contoh: Aplikasi ERP(Enterprise Resource Planning)





 Salah satu kelemahan konsep arsitektur sekuensial yang cukup mendasar adalah aspek kecepatan dan reliabilitas.Untuk mengatasi permasalahan kecepatan dan reliabilitas digunakan konsep arsitektur sinkronisasi

Prospek e Bisnis
       E-business Type,Perkembangan pemakaian alat-alat elektronik dan digital sebagai medium komunikasi dan relasi bisnis jauh lebih cepat dibanding dengan cara transaksi jual beli.
       Community,Lebih mudah menciptakan kebutuhan (demand creation) kepada generasi muda dibanding dengan mengubah pola hidup generasi tua
       Content,Adanya internet yang paling banyak memperoleh keuntungan adalah perusahaan bukan end user.
       Technology Device,Teknologi berbasis PC akan bergeser ke teknologi digital ditambah microprosessor seperti PDA
       Access Channels ,Berkembangnya teknologi informasi semacan internet dan website menawarkanperusahaan yang berminat mengimplementasikan kanal akses tersebut
       Regulation ,E-business berkaitan erat dengan aktifitas pencarian laba finansial maka pemerintah akan mengikuti negara-negara maju dalam menerapkan regulasi e-business yang kondusif.
       Organization ,Faktor budaya, pendidikan, sosial dan perilaku dalam organisasi memegang peranan penting dalam menentukan sukses tidaknya sosialisasi penggunaan teknologi informasi
       Change Strategy,Perusahaan di negara berkembang lebih memilih metode evolusi dibanding revolusi dalam mengimplementasikan e-busines
       Business Process,Perusahaan yang sukses diraih oleh perusahaan yang mampu mengawinkan konsep tradisional physical value chain dengan virtual value chain.
       System Approach,e-business baru dapat berkembang jika komponen lain dalam lingkungan sistem e-business turut tumbuh dan berkembang secara serentak