Pengertian
data mart
Data mart kadang-kadang dirancang
sebagai gudang data individu dan memberikan kontribusi pada organisasi secara
keseluruhan sebagai anggota dari sebuah gudang data terdistribusi. Dalam desain
yang lain, data mart menerima data dari sebuah gudang master data melalui
update berkala, dalam hal ini fungsionalitas data mart sering terbatas pada
layanan presentasi untuk klien.
Data mart harus
dirancang dari perspektif bahwa mereka adalah komponen dari data warehouse
terlepas dari fungsi masing-masing atau konstruksi. Ini menyediakan konsistensi
dan kegunaan dari informasi seluruh organisasi
Beberapa
contoh produk data mart adalah sebagai berikut:
SmartMart
(IBM)
Visual
Warehouse (IBM)
PowerMart
(Informatica)
Dalam
pembangunan data mart, terdapat 2 arsitektur, yaitu :
Dependent
Data Mart
Independent
Data Mart (IDM)
Karakteristik
data mart
› Data
mart memfokuskan hanya pada kebutuhan-kebutuhan pemakai yang terkait dalam
sebuah departemen atau fungsi bisnis.
› Data
mart biasanya tidak mengandung data operasional yang rinci seperti pada data
warehouse.
› Data
mart hanya mengandung sedikit informasi dibandingkan dengan data warehouse.
Data mart lebih mudah dipahami.
› Data
marts bisa bersifat dependent atau independent.
› Kubus
› Aggregation
No comments:
Post a Comment