Sunday, 19 July 2015

DATA MART


Pengertian data mart
        Data mart kadang-kadang dirancang sebagai gudang data individu dan memberikan kontribusi pada organisasi secara keseluruhan sebagai anggota dari sebuah gudang data terdistribusi. Dalam desain yang lain, data mart menerima data dari sebuah gudang master data melalui update berkala, dalam hal ini fungsionalitas data mart sering terbatas pada layanan presentasi untuk klien.
           Data mart harus dirancang dari perspektif bahwa mereka adalah komponen dari data warehouse terlepas dari fungsi masing-masing atau konstruksi. Ini menyediakan konsistensi dan kegunaan dari informasi seluruh organisasi

Beberapa contoh produk data mart adalah sebagai berikut:
ž  SmartMart (IBM)
ž  Visual Warehouse (IBM)
ž  PowerMart (Informatica)

Dalam pembangunan data mart, terdapat 2 arsitektur, yaitu :
ž  Dependent Data Mart
ž  Independent Data Mart (IDM)

Karakteristik data mart
       Data mart memfokuskan hanya pada kebutuhan-kebutuhan pemakai yang terkait dalam sebuah departemen atau fungsi bisnis.
       Data mart biasanya tidak mengandung data operasional yang rinci seperti pada data warehouse.
       Data mart hanya mengandung sedikit informasi dibandingkan dengan data warehouse. Data mart lebih mudah dipahami.
       Data marts bisa bersifat dependent atau independent.
       Kubus

       Aggregation

No comments:

Post a Comment