Thursday 6 August 2015

Manajemen & Organisasi

Contents




Organisasi
                Organisasi adalah pengaturan orang-orang secara sengaja untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
                Karaktristik organisasi:
      Visi, Misi, Tujuan
      Sumber daya (resources)
      Struktur

Manajer
                Seorang manajer adalah seorang anggota organisasi yang mengawasi, mengarahkan, memadukan, dan mengatur pekerjaan-pekerjaan anggota organisasi yang lain.
               
Manajer
 

Manajer
Fungsi Manajemen
               
Manajemen administratif merupakan fungsi manajemen yang berurusan dengan penetapan tujuan, perencanaan, penyusunan kepegawaian, dan pengawasan kegiatan yang terorganisir untuk mencapai tujuan tertentu.
Manajemen Operatif merupakan fungsi manajemen yang terlibat dalam kegiatan memotivasi, mengawasi, melakukan komunikasi dengan para karyawan untuk mengarahkan mereka agar mencapai hasil yang efektif.

Kegiatan Seorang Manajer
Planning (merencanakan)
                à sasaran, tujuan, strategi, rencana
Organizing (mengorganisasikan)
                à what to do, how to do, who will be doing
Actuating (memimpin pelaksanaan)
                à mengarahkan, motivasi, problem solver
Controlling (mengendalikan)Manajemen administratif
                à memantau pelaksanaan kegiatan

Kegiatan Seorang Manajer
Tugas utama manager:
       Manajer bekerja dengan dan melalui orang lain
       Manajer memadukan dan menyeimbangkan tujuan-tujuan yang saling bertentangan dan menetapkan prioritas-prioritas
       Manajer bertanggung jawab dan mempertanggungjawabkan
       Manajer harus berpikir secara analitis dan konseptual
       Manajer adalah seorang mediator
       Manajer adalah seorang politisi
       Manajer adalah seorang diplomat
       Manajer harus mampu mengambil keputusan-keputusan yang sulit

Kegiatan Seorang Manajer
Peran manager:
       Pemimpin Lambang (figurehead)
       Pemimpin (leader)
       Perantara (Liaison)
       Pemantau (Monitor)
       Penyebar (disseminator)
       Juru Bicara (Spokesperson)
       Wirauasaha (Enterpreneur)
       Pengendali Gangguan (Disturbance Handler)
       Pengalokasi Sumber daya (Resources Allocation)
       Perunding (Negotiator)

Kegiatan Seorang Manajer
Keterampilan manajer:
       Keterampilan Konseptual (Conceptual Skills) à teori dan knowledge
       Keterampilan Manusiawi (Human Skills) à interpersonal skill
       Keterampilan Administratif (Administrative Skills) à administrative skill
       Keterampilan Teknis (Techinical Skills) à hard skill









Introduction to Business MANAGEMENT

PENDAHULUAN
       I’m an engineer, why should I study management?
       Know how to organize yourself
       Know how to organize the company
       Globalization. People who can organize knowledge will have advantages
       To be a manager, you must know (and like) management

What is knowledge?


What is the difference between ‘kaidah’, ‘prinsip’ and ‘konsep’?

MANAGEMENT IS….
       An art why?
       A process why?
       A knowledge why?
       A profession why?
                Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan secara efesien dan efektif

STEPS IN Management
       Perencanaan (planning)
       Pengorganisasian (organize)
       Pengarahan (actiating)
       Pengawasan (controlling)
       Pelaksanaan (implementation) à Efisiensi dan Efektivitas

What is the difference between effective and efficient?


BUSINESS ORGANIZATION
       Bisnis adalah seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang-orang yang berkecimpung di dalam bidang perindustrian dimana sebuah perusahaan atau organisasi melakukan perbaikan-perbaikan standar serta kualitas produk mereka
       Perusahaan adalah sebuah organisasi yang memproses perubahan keahlian dan sumber daya ekonomi menjadi barang dan/atau jasa yang diperuntukkan bagi pemuasan kebutuhan para pelanggan serta diharapkan mampu memberikan keuntungan bagi para pemiliknya.
       Motivasi utama à laba atau keuntungan

Business organization component
       Pasar, merupakan konsumen atau pemakai yang menggunakan produk atau jasa
       Perusahaan, menyangkut elemen-elemen internal perusahaan
       Pihak Eksternal,  merupakan kondisi-kondisi yang berada di luar organisasi atau perusahaan yang bersifat tidak dapat dikendalikan
       Konsep Perubahan, adalah konsep yang selalu ada di dunia ini, karena selalu ada perubahan yang terjadi selagi dunia terus berjalan

Major Business category
       Manufacture (goods) à tangible
       Service à intangible
       Beragam
       Dijual dahulu baru dibuat/dilaksanakan
       Fragile/rentan

BADAN USAHA
       Perusahaan Perseorangan. Jenis perusahaan ini merupakan perusahaan yang diawasi dan dikelola oleh seseorang.
       Firma. Merupakan suatu bentuk perkumpulan usaha yang didirikan oleh beberapa orang dengan menggunakan nama bersama.
       Perseroan Komanditer (CV). Perusahaan ini merupakan suatu persekutuan atau organisasi yang didirikan oleh beberapa orang yang masing-masing menyerahkan sejumlah uang dengan jumlah yang tidak perlu sama.
       Perseroan Terbatas (PT). Badan jenis adalah suatu badan yang mempunyai kekayaan, hak, dan kewajiban yang terpisah dari yang mendirikan dan memiliki.

BADAN USAHA
       Perusahaan Negara (PN). Perusahaan Negara adalah jenis organisasi yang bergerak dalam bidang usaha yang modalnya secara keseluruhan dimiliki oleh negara, kecuali jika ada hal-hal khusus berdasarkan undang-undang.
       Perusahaan Pemerintah yang lain. Bentuk perusahaan pemerintah yang lain di Indonesia diantaranya adalah Persero, Perusahaan Umum (Perum), Perusahaan Jawatan (Perjan), dan Perusahaan Daerah (PD) dimana jenis perusahaan Perseo dan PD adalah untuk mencari keuntungan bagi negara, namum Perum dan Perjan tidak semata-mata mencari keuntungan finansial.
       Koperasi. Koperasi merupakan bentuk badan usaha yang bergerak di bidang ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya yang bersifat murni, pribadi, dan tidak dapat dialihkan.

Business organization system


       Business organization system Sumber daya

       Manusia
       Material (barang mentah, setengah jadi)
       Mesin, alat produksi, fasilitas
       Finansial (modal)
       Informasi

LINGKUNGAN ORGANISASI
       Pemasok (supplier)
       Pelanggan (consumer)
       Serikat Pekerja (union)
       Masyarakat Keuangan (monetary society)
       Pemegang Saham (stakeholder)
       Pesaing (rival)
       Pemerintah (government)
       Masyarakat Global (global environment)

COMPETITIVE ADVANTAGE
                Kondisi dimana perusahaan tidak dapat/sulit untuk disaingi.
Strateginya:
-          Differentiation
-          Cost leadership
-          Value chain: primary and supporting activity to achieve margin
-          Value system: supplier à organization à distribution à consumer