Sunday 12 July 2015

Introduction, refleksi perkuliahan secara komprehensif

A. Refleksi perkuliahan secara komprehensif mulai dari perencanaan, proses, sampai kepada evaluasi perkuliahan. 
        Refleksi perkuliahan diberikan dengan memberikan pemahaman bahwa untuk menghadapi perkuliahan teori organisasi mahasiswa dituntut untuk memiliki sumber-sumber yang relevan dengan mata kuliah teori organisasi. Perencanaan dilakukan dengan mempersiapkan berbagai keperluan perkuliahan dari mulai bahan ajar materi perkuliahan alat dan media yang tersedia, kehadiran mahasiswa sebanyak 80% pertemuan dari 16 kali pertemuan yang akan dilaksanakan, metode isi perkuliahan, proses perkuliahan, serta evaluasi yang akan diberikan dalam perkuliahan yang menyangkut, diskusi kelompok, tugas-tugas individu, tugas-tugas kelompok, presentasi makalah, pelaporan tugas, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Refleksi perkuliahan menjelaskan kepada mahasiswa mengenai silabus mata kuliah yang berisikan identitas mata kuliah, tujuan perkuliahan atau instruksional umum, tujuan instruksional khusus, pendekatan pembelajaran dengan pendekatan ekspositori dan inkuiri dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan pemecahan masalah. Tugas diberikan berupa pengerjaan soal, observasi, pembuatan makalah dan sebagainya. Adapun media yang digunakan berupa OHP, LCD, computer, white board beserta media lainnya untuk mendukung kelancaran proses belajar mengajar. Evaluasi dengan melihat pada aspek-aspek partisipasi dalam proses perkuliahan meliputi kehadiran 80% dari keseluruhan pertemuan, tangapan, pertanyaan, pendapat, komentar dan analisis. Tugas perorangan baik pembuatan makalah maupun laporan tugas, tugas kelompok, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester. Menjelaskan rincian materi perkuliahan, dan menjelaskan buku sumber untuk menjadi rujukan mata kuliah teori organisasi, serta memberikan masukan-masukan khusus untuk mempercepat penyelesaian studi. 

B. Membuat kontrak dan kesepakatan dalam proses pembelajaran.
           Kontrak dan kesepakatan dalam proses pembelajaran dilakukan untuk memperjelas posisi mata kuliah dan posisi mahasiswa sebagai pembelajar dalam menghadapai mata kuliah teori organisasi yang menjadi kesepakatan bersama diantaranya: 
(1) menyepakati waktu perkuliahan yang dilakukan sebanyak tiga SKS yaitu dari jam 10.20 sampai dengan jam 13.00 dengan toleransi keterlambatan mahasiswa selama 15 menit pelajaran berlangsung yaitu sekitar pukul 10.35. dengan kesepakatan yang melebihi waktu tersebut diperbolehkan masuk ruang kelas tetapi tidak dianggap hadir; 
(2) menyepakati dispensasi tidak mengikuti perkuliahan sebanyak empat kali dari 16 kali perkuliahan yang berjalan atau sekitar 80% pertemuan; 
(3) menyepakati untuk selalu mentaati peraturan yang telah disepakati bersama dengan memberikan reward bagi yang mentaati peraturan dan funishment bagi mereka yang melanggar peraturan perkuliahan. 

C. Mendeskripsikan gambaran umum tentang mata kuliah teori organisasi. 
           Pada dasarnya mata kuliah teori organisasi membatasi lingkup pembahasan pada permasalahan organisasi secara makro. Pendekatan makro didasarkan pada asumsi bahwa anggota organisasi mempunyai sifat yang seragam yaitu perilaku rasional. Pendekatan ini secara khusus mencoba menjelaskan organisasi sebagai suatu kesatuan yang beriteraksi dengan lingkungannya, tanpa memperhatikan perilaku para anggota organisasi karena telah diasumsikan mempunyai sifat yang sama, maka materi yang akan dibahas pada mata kuliah teori organisasi ini mencakup bentuk serta karakteristik organisasi, yang terjadi karena organisasi mencoba menyesuaikan diri terhadap kondisi lingkungan maupun terhadap corak kegiatan internalnya, dan juga mempelajari proses interaksi yang terjadi antara aspek-aspek teori organisasi. Namun pembahasan secara khusus yang memusatkan perhatian pada masalah perilaku manusia yang bersifat heterogen juga menjadi kajian sebagai acuan bagi pengembangan teori organisasi. Pada proses perkuliahan mahasiswa dituntut untuk mempersiapkan diri dalam menguasai berbagai falsafah teori dan prinsip dasar organisasi sehingga dapat menganalisis kaitan organisasi dengan manajemen dan implikasinya terhadap pola organisasi pendidikan yang efektif, meliputi analisis hubungan manajemen dengan organisasi, model-model struktur organisasi, deskripsi sruktur pendidikan nasional beserta analisisnya pada setiap tingkatan organisasi.

Tujuan : Mempersiapkan para mahasiswa jurusan Administrasi Pendidikan untuk menguasai berbagai falsafah teori dan prinsip dasar organisasi sehingga dapat menganalisis kaitan organisasi dengan manajemen dan implikasinya terhadap pola organisasi pendidikan yang efektif.

No comments:

Post a Comment