Wednesday 15 July 2015

Penyajian Laporan Analisa Kebutuhan Server Untuk Lalu Lintas dan Aplikasi Jaringan Komputer

           Laporan  dari  hasil  analisa  kebutuhan  server  harus  disajikan dengan  jelas  dan  rinci,  serta tidak terlalu  membingungkan. Laporan harus padat, dan tidak boleh ada kesalahan penulisan, terutama di bagian angka, karena angka kebutuhan server sangat krusial.

      Format   penyajian   laporan   tidak   baku,   dan   sesuai   dengan kebutuhan yang diminta perusahaan atau bahkan membuatnya sendiri. Namun, informasi yang dikoleksi harus jelas.

Informasi-informasi penting yang harus dikoleksi saat membuat laporan adalah.
1.   Kemampuan minimal server.
      i. Kemampuan  minimal  server,  meliputi  kapasitas  RAM,  Hardisk, Clock Rate CPU,                          Perangkat IO, Up Time, Power.
     ii. Semua  itu  diukur  saat  server  berada  di  posisi  paling  buruk, dengan kemampuan ini bisa               diketahui angka operasional kemampuan operasi server.
2. Kemampuan optimal server.
     i. Kemampuan  optimal  server,  meliputi  kapasitas  RAM,  Hardisk, Clock Rate CPU, Perangkat           IO, Up Time, Power.
    ii. Semua itu diukur saat server berada di posisi normal, dengan kemampuan ini bisa diketahui                 angka operasional kemampuan operasi server.
   iii. Software atau layanan yang didukung oleh server, seperti Web, FTP, DNS, DHCP, dsb.

Biasanya, hanya kemampuan optimal saja yang dibutuhkan. Cara penyajian laporan bisa berbentuk tabel yang mudah dibaca.

Kemampuan Optimal


Jumlah Pengguna   : 1500/hari.
Aktifitas                 : Unggah data, Unduh data, validasi data. 
Transaksi Data       : 200 Transaksi/menit.

Beberapa  tambahan,  seperti  merk  dari  hardware  juga  bisa  disajikan,  atau informasi lebih rinci tentang kemampuan software juga bisa disajikan.

Rangkuman
Penyajian laporan analisa kebutuhan server  merupakan  cara  penyajian informasi yang sudah dikoleksi dengan cara uji coba kemampuan server, penggunaan tabel klasifikasi, sehingga bisa dibaca dengan mudah dan tepat sasaran.

Penyajian laporan tidak mempunyai format khusus, satu-satunya hal yang perlu diperhatikan adalah informasi yang tertera, spesifikasi hardware yang dibutuhkan,   software   yang   dibutuhkan,   juga   hasil   dari   kemampuan tersebut.








No comments:

Post a Comment